Seminar Brand Commerce

e-preneur.co. Pada 2 Maret lalu, aCommerce telah menyelenggarakan seminar Brand Commerce yang bertujuan memberikan ecommerce market update, berbagi studi kasus dan best practice dari brand dan online marketplace, serta memperkenalkan inovasi teknologi terbaru aCommerce: B2All platform, yang memungkinkan brand untuk secara simultan masuk di multi-channel dan menjangkau lapisan target market yang berbeda melalui satu platform saja.

Dalam acara tersebut, aCommerce mengundang berbagai pembicara baik dari sisi brand maupun platform, seperti Aulia Marinto (Sekjen idea), Heriyadi Janwar (Director of Corporate Sales Bhinneka.com), Firmansyah Is Nursal (Country Sales Manager HP), Catherine Hindra (CEO Alfacart), Duri Granziol (Co-CEO Lazada), dan Ashley Amanna (Ecommerce Manager L’Oreal Indonesia).

Menurut Heriyadi Janwar, Director of Corporate Sales Bhinneka.com, “Dengan digitalisasi, proses di B2B (Business to Business) yang prosedural bisa menjadi lebih efisien dan automated”.

Walau kontribusi online terhadap keselurahan sales kami masih dalam single digit dan belum sebanding dengan penjualan offline, LÓreal memiliki belief dan ambisi untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang signifikan dari online. Berdasarkan pengalaman LÓreal dengan penetrasi online, bahkan dalam tahap brand building (produk belum diluncurkan), brand  bisa melibatkan customer, mendapat data, mengerti behaviour serta kebutuhan customer,” kata Ashley Amanna, Ecommerce Manager LÓreal Indonesia.

Sementara Catherine Hindra, CEO Alfacart, berujar, “Untuk menghindari price cannibalism antara online dan offline dan mengingat online memiliki delivery cost, maka salah satu taktik untuk menyiasati hal ini yaitu dengan melakukan bundling produk”.

Firmansyah Is Nursal, Country Sales Manager HP Indonesia, menimpali, “HP Indonesia merambah dunia online tidak hanya untuk menambah channel baru, tapi juga bagian dari upaya untuk mengedukasi pasar menuju shopping behaviour yang baru.

 

PERADI & The Law Society of Hong Kong Kukuhkan Kerja Sama di Bidang Hukum

 e-preneur.co. Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) dan The Law Society of Hong Kong menandatangani Memorandum of Understanding (MoU), tentang peningkatan kerja sama antara kedua lembaga profesi di bidang hukum tersebut. MoU ditandatangani oleh Fauzie Yusuf Hasibuan (Ketua Umum PERADI) dan Thomas So (President The Law Society of Hong Kong) pada 9 Maret lalu, di Hotel Grand Hyatt, Jakarta.

Kedua lembaga tersebut berkomitmen untuk pertama, meningkatkan kualitas profesi dan pelayanan di bidang hukum. Kedua, secara strategis memajukan pengetahuan tentang sistem hukum di kedua negara.

Khusus bagi para pelaku usaha di Indonesia dan Hong Kong, kerja sama antara PERADI dan The Law Society of Hong Kong ini juga akan memfasilitasi pertukaran informasi dan meningkatkan kepercayaan satu sama lain sebagai mitra bisnis dan investasi. Setiap anggota dari kedua lembaga tersebut, nantinya juga akan mendapatkan akses terhadap pelayanan dan jasa dari masing-masing lembaga. Seperti, akses terhadap penasihat hukum dan konseling.

“Indonesia dan Hong Kong memiliki hubungan dagang dan investasi yang sangat erat. Tapi, terkadang, para pelaku usaha memerlukan pengetahuan mengenai sistem hukum masing-masing dalam menjalankan peluang bisnis,” ujar Fauzie Yusuf Hasibuan, Ketua Umum PERADI. “Di sinilah, PERADI dan The Law Society of Hong Kong memegang peran penting untuk mendukung agar informasi tentang sistem dan pelayanan hukum di kedua negara dapat diakses oleh para pelaku usaha,” tambahnya.

 

Hino Kerja Sama dengan DPP Organda untuk Peremajaan Truk Pelabuhan

e-preneur.co. PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai market leader medium duty truck di Indonesia melakukan kerja sama dengan Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) Organda DKI, untuk melakukan peremajaan truk angkutan pelabuhan guna mendukung program pemerintah dalam mengefisiensikan biaya logistik. Acara yang berlangsung pada 6 Maret lalu itu, bertempat di Hotel Grand Melia, Jakarta.

Penandatanganan dilakukan oleh Adrianto Djokosoetono (Ketua Umum Organda) dan Hiroo Kayanoki (Presiden Direktur HMSI), serta disaksikan oleh Hally Hanafiah (Ketua Angsuspel Organda DKI) dan Santiko Wardoyo (Direktur Penjualan & Promosi HMSI). Peremajaan armada ini, pada tahap awal akan dilaksanakan sebanyak 85 unit truk angkutan pelabuhan yang dimiliki oleh PT Iron Bird sebanyak 55 unit dan 30 unit milik PT Samudera Indonesia di mana ke depannya diharapkan dapat terus bertambah dan meluas hingga keluar Jakarta. Sehingga, armada truk dipelabuhan dapat memberikan layanan prima bagi kegiatan bisnis di sana dan membantu meningkatkan perekonomian Indonesia.

Hiroo Kayanoki mengatakan, “Hino sangat senang dapat bekerja sama dengan Angsuspel Organda DKI dalam upaya mendukung program pemerintah, guna menurunkan biaya logistik yang masih tinggi. Tentunya, dengan kerja sama ini Hino akan memberikan best fit product kami kepada anggota Angsuspel Organda DKI. Sehingga, target biaya logistik yang rendah dapat tercapai”.

 

Allianz Life Gandeng Standard Chartered Bank dan Artajasa Sediakan Pembayaran Premi Asuransi Jiwa via Indomaret

 e-preneur.co. PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) bersinergi dengan Standard Chartered Bank, Indomaret, dan Artajasa untuk memperkenalkan layanan pembayaran premi asuransi jiwa individu Allianz Life melalui kasir Indomaret. Acara peluncuran layanan baru yang dilakukan di gerai Indomaret Point Juanda Raya, Jakarta, pada 2 Maret lalu, ini dihadiri oleh Meylindawati (Direktur Allianz Life Indonesia), ‎Michael Sugirin (Country Head of Transaction Banking Standard Chartered Bank), Gondo Sudjoni (Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama), dan Nawawi (Direktur Artajasa).

Layanan pembayaran premi melalui kasir Indomaret ini, memberi kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah asuransi jiwa individu Allianz Life di mana nasabah dapat melakukan pembayaran premi untuk perpanjangan polis di lebih dari 14.150 gerai Indomaret yang ada di seluruh Indonesia.

“Pemegang polis asuransi jiwa perlu memastikan agar polisnya selalu dalam keadaan aktif, yang artinya ia perlu memperhatikan agar pembayaran premi tidak melewati jatuh tempo. Dari sisi perusahaan asuransi, penting bagi kami untuk menyediakan berbagai cara pembayaran premi yang nyaman, aman, dan memudahkan nasabah. Sehingga, mereka dapat memilih metode yang paling sesuai,” kata Meylindawati, Direktur Allianz Life Indonesia.

Layanan pembayaran premi asuransi jiwa individu Allianz Life melalui kasir Indomaret ini, didukung oleh sistem layanan transaksi elektronik yang disediakan oleh Artajasa di mana transaksi tersebut akan dilakukan secara seketika (real time) dan aman. Selain itu, premi yang dibayarkan juga akan segera dibukukan ke rekening Allianz Life di Standard Chartered Bank pada hari yang sama.

Michael Sugirin, Country Head of Transaction Banking Standard Chartered Bank Indonesia, mengatakan, “Selama lebih dari 150 tahun, Standard Chartered terus memberikan layanan perbankan terbaik bagi para klien di Indonesia. Kami fokus dalam peningkatan produk dan layanan kami, termasuk dalam menyediakan ragam pilihan pembayaran dan fasilitas collection melalui transaksi perbankan yang aman dan nyaman. Sebagai pemimpin penyedia layanan cash management bagi para nasabah korporasi, kami bangga dapat berkolaborasi dengan Allianz, Artajasa, dan Indomaret dalam memberikan layanan yang nyaman dan efisien kepada para nasabah Allianz Life saat melakukan pembayaran asuransi kepada Allianz”.

Gondo Sudjoni, Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama, menimpali, “Tambahan layanan pembayaran premi asuransi jiwa individu Allianz Life memberikan kemudahan bagi nasabah Allianz Life dan konsumen Indomaret. Fasilitas mesin i-Kios yang terdapat di sebagian besar gerai dan petugas kasir kami selalu siap memberikan layanan pembayaran premi Allianz Life di mana pun gerai kami berada di seluruh Indonesia, baik di daerah perumahan, gedung perkantoran maupun fasilitas umum”.

Sementara Anthoni Morris, Direktur Bisnis Artajasa, berujar, “Saat ini, sistem yang kami sediakan telah memenuhi kebutuhan security dan format message untuk institusi finansial dan industri lainnya, yang menjadi kebutuhan dasar dan terjamin keamanannya. Selain itu, kami juga menyediakan pelayanan 24 jam untuk mendukung kelancaran operasional transaksi pembayaran”.

 

Facebooktwittergoogle_plusmailFacebooktwittergoogle_plusmail
error: Content is protected !!