Business Plan atau Just Do It?

e-preneur.co. Setiap pelaku bisnis akan selalu berada di posisi pemula atau start up, sebelum menjadi pebisnis yang sesungguhnya. Tapi, antara pebisnis pemula yang satu dengan yang lain ada perbedaan yang signifikan yaitu pada langkah pertama yang mereka ambil ketika akan berbisnis.

Pebisnis pemula yang satu akan memulainya dengan berbagai persiapan, seperti menyiapkan produk yang akan dipasarkan dengan detil, menyiapkan modal secara matang untuk membiayai laju bisnis, menyusun business plan, melakukan survey pasar, dan sebagainya di mana semua ini seringkali dianggap sebagai persiapan yang rumit bin ribet. Sementara pebisnis pemula yang lain just do it atau yang sering diistilahkan modal nekad, asal-asalan. Mereka cukup menyiapkan produk secara sederhana, modal seadanya, kemudian memasarkannya melalui media sosial gratis.

Lantas, apa yang selanjutnya terjadi dengan nasib bisnis mereka baik dengan langkah ribet maupun langkah asa-asalan? Anda bisa menyimak dari bisnis-bisnis yang dijalankan Yunita Taniwangsa (FresYo), Erwien Indrasanti (R-Win Crochet), dan Fairuz (Redline Bags). Dengan mengupas tentang jatuh bangunnya para start up business, harapan kami, Anda tidak akan surut atau bahkan beralih ke bisnis yang lain. Sehingga, selamanya Anda akan menjadi pebisnis pemula.

Di luar itu, berkaitan dengan Lebaran 2018, e-preneur.co mengucapkan MOHON MAAF LAHIR & BATIN.

Facebooktwittergoogle_plusmailFacebooktwittergoogle_plusmail
error: Content is protected !!