Lampu Ramah Lingkungan dengan Lima Fungsi

Hetric

 

Lampu, dulu, hanya berfungsi sebagai penerang dan penghias ruangan. Tapi, sejak Ferdy dan rekan-rekannya menciptakan Hetric, maka lampu juga dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk, pengharum ruangan, dan media aromaterapi

 

e-preneur.co. Selama ini, kita mengenal lampu sebagai penerang ruangan. Adakalanya, juga sebagai penghias ruangan.

Tapi, awal Januari 2009, Achmad Ferdiansyah beserta rekan-rekannya membuat lampu yang berfungsi pula sebagai pengharum ruangan, pengusir nyamuk, dan aromaterapi. Lampu tersebut mereka namai Hetric (Herbal Electric).

“Hetric atau Herbal Electric adalah suatu unit usaha yang memproduksi alat rumah tangga yang dinamai Hetric Lamp dan Hetric Refill. Alat ini sangat inovatif. Karena, menggabungkan lima fungsi alat rumah tangga yaitu elemen interior, aromaterapi, pengharum ruangan, lampu tidur, dan pengusir nyamuk,” jelas Ferdy, begitu ia akrab disapa.

Ide membuat Hetric, ia menambahkan, muncul kala membuat karya tulis ilmiah. “Awalnya, kami menggunakan kulit jeruk untuk mengharumkan ruangan dan mengusir nyamuk. Nah, dalam berinovasi itu, kami memanfaatkan panas lampu untuk menguapkan minyak atsiri yang terdapat dalam kulit jeruk tersebut,” tuturnya. Kemudian, ide ini direalisasikan pada tahun 2009 dan mulai diproduksi awal Januari 2010.

Dari segi bentuk, Hetric Lamp berbentuk lampu Jepang atau lampu gantung berbentuk kubus, yang terbuat dari kayu (multipleks) dan kaca, serta dilengkapi dengan wadah aromaterapi di bagian atasnya. Bahan baku itu mereka gunakan, sebab murah dan mudah diperoleh, serta tidak mengganggu lingkungan.

“Mulanya, kami ingin membuatnya dalam bentuk lampu tidur pada umumnya. Dalam arti, menggunakan lampu berkekuatan 15 watt. Tapi, ternyata, bahan bakunya sulit dicari,” kisah sarjana S-2 di bidang teknik kimia dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) ini.

Bahan bakunya alamiah, tidak berbahaya, dan ramah lingkungan

Di sisi lain, ia melanjutkan, bentuk lampu Jepang itu dipilih, lantaran bisa diproduksi dalam jumlah sedikit. Sehingga, saat memulai usaha ini, modal awal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. “Modal awalnya cuma Rp20 juta, yang kami gunakan untuk membiayai proses produksi, pembelian peralatan pemasaran, kantor, dan inventaris,” imbuhnya.

Peduli lingkungan juga menjadi latar belakang dihadirkannya Hetric. “Kami kuatir akan banyaknya penggunaan bahan kimia berbahaya, untuk mengusir nyamuk dan mengharumkan ruangan. Karena itu, untuk mengusir nyamuk, kami menggunakan ekstrak bunga kenanga. Sementara untuk aromaterapinya, Hetric menggunakan ekstrak bunga dan daun tertentu yang jelas-jelas bersifat alamiah, tidak berbahaya, dan ramah lingkungan,” ungkapnya. Sebab itu pula, meski wangi aromaterapi bercampur dengan  pengusir nyamuk, tidak akan membuat pusing, misalnya.

Racikan bunga-bungaan dan dedaunan yang diolah secara khusus itu, dipasarkan dengan nama Hetric Refill. Dalam setiap kemasannya, terdapat empat sachet berukuran besar yang masing-masing dapat digunakan selama dua malam. Di sini, tersedia lima aroma yaitu aznira, favander, syahcabana, jack combo, dan one step.

“Sebenarnya, nama-nama aromaterapi itu merupakan strategi pemasaran kami. Seperti, jack combo yang sebetulnya beraroma jasmine dengan sedikit aroma teh. Kalau kami menggunakan nama jasmine, konsumen tidak akan penasaran lagi,” ungkapnya.

Dalam pemasarannya, Hetric Refill selalu menyertai Hetric Lamp. Sebab, ukuran, kapasitas, dan efektivitasnya sudah diukur. Untuk Hetric Lamp itu sendiri tersedia dalam empat warna yakni pure black, red maroon, dark violet, dan red wood.

Awal Maret 2009, Ferdy dan rekan-rekannya, serta dibantu enam karyawannya mulai memproduksi Hetric secara rutin. Selanjutnya, setiap bulan, diproduksi 100 unit di mana 95%-nya diserap pasar yang tersebar di Surabaya dan Makassar.

Tidak mau cuma berhenti di situ, mereka juga memasarkan produk tersebut melalui website, agen di setiap kota, Dharma Wanita ITS, dan Ibu-ibu PKK. Selain itu, mereka juga berencana menjadikan Hetric Lamp sebagai suvenir khas ITS.

Di samping itu, mereka juga berencana mengembangkan bentuk fisik produknya. Contoh, menciptakan Hetric Lamp yang dapat pula dibuat dengan bahan baku plastik ini, menjadi lampu dinding.

Sementara untuk aromaterapinya, mereka akan mengembangkan kekuatan aromanya, yang saat ini masih sebatas untuk ruangan berukuran 3 x 4. Semua ini mereka lakukan, karena prospeknya cukup menantang. “Akhir-akhir ini, pembelian terus meningkat,” pungkas salah satu pemenang Shell LiveWIRE Business Start-Up Awards 2010 ini, optimis.

Facebooktwittergoogle_plusmailFacebooktwittergoogle_plusmail
error: Content is protected !!