Bisa Langsung Disantap dari Wadahnya

Jarcake (The Dream’s Cake)

Repotnya menikmati cupcake yang penuh dengan krim, memunculkan ide dalam benak Dara untuk membuat cupcake dalam wadah/toples. Atau, yang diistilahkan jarcake. Sehingga, bila ingin memakannya bisa langsung dari tempatnya. Imbasnya, selain unik dan rapi, The Dream’s Cake juga terlihat cantik dan banyak peminatnya

e-preneur.co. Jarcake merupakan kependekan dari kata cake in jar, yang dalam Bahasa Indonesia berarti kue dalam toples. Atau, dalam praktiknya yakni kue yang dapat dimakan langsung dari tempatnya, dengan bantuan sendok.  Hal ini, tentu berbeda dengan kebiasaan kita yang menikmati cake di atas piring.

Sebenarnya, menurut Dara Rahma Ilahiya yang memproduksi jarcake dengan label The Dream’s Cake, jarcake adalah cupcake (kue basah yang penuh topping krim manis, red.) yang dimasukkan ke dalam toples. Agar tidak merepotkan ketika dikonsumsi langsung, maka diselipkan sendok.

“Ide awalnya dari membuat cupcake. Lalu, saya pikir kok cupcake yang memakai krim itu repot makannya. Lantas, saya mencoba membuat cupcake dalam wadah/toples. Sehingga, bisa langsung dimakan, tidak tercecer, dan tetap cantik, selain juga unik,” papar Dara.

Proses pembuatan jarcake membutuhkan jiwa seni yang mumpuni. Sebab, daya jual jarcake diukur dari lapisan demi lapisannya yang disusun sedemikian rupa hingga terlihat cantik. Karena itu pula, toples yang digunakan dibiarkan polos bening agar yang ada di dalamnya terlihat.

“Ciri khas jarcake saya ada pada krimnya yang manisnya pas, sedikit agak gurih. Sehingga, membuat orang ketagihan,” ungkapnya.

Dara membuat berbagai rasa jarcake, seperti Red Velvet, Blue Velvet, Green Tea, dan Vanilla Milk Rainbow. Nama Red Velvet diambil Dara dari sejenis kue ala Amerika, yang memiliki aroma campuran cokelat dan vanila. Sementara warna merahnya, diperoleh dari beet root.

Blue Velvet adalah kue beraroma mint yang dilapisi krim lembut. Sedangkan Green Tea adalah kue dengan rasa teh hijau, yang dilapisi krim keju. Satu lagi yakni Vanilla Milk Rainbow, didominasi rasa susu dan aroma vanila yang sangat kuat dan memiliki lima warna pelangi.

“Vanilla Milk Rainbow paling banyak peminatnya. Karena, terlihat paling cantik dengan lima warna seperti pelangi. Tapi, warna yang dipakai bukan pewarna berbahaya. Saya memakai organic food coloring yang diperbolehkan,” ungkapnya.

Unik, rapi, dan cantik

Jarcake ini bisa disantap dalam suhu ruangan, tapi lebih sedap dalam keadaan dingin. Dan, Dara pun menyarankan agar jarcake ini disimpan dalam lemari pendingin agar rasa krim kejunya tidak rusak.

Setiap hari, demi memenuhi permintaan pasar yang cukup tinggi dari kota-kota besar di Jawa—di samping pesanan untuk memeriahkan hari raya, arisan, ulang tahun, bahkan sebagai kado—Dara mesti membuat ratusan toples. Tapi, ini bukan masalah.

Karena, dengan disimpan dalam lemari pendingin sebelum pengiriman jarak jauh, memungkinkan jarcake bertahan selama perjalanan. Terlebih lagi, wadah penyimpanan melindunginya sangat baik.

Meski begitu, Dara tidak memenuhi permintaan dari luar Jawa. Lantaran kondisi kue yang tidak memakai pengawet, berisiko rusak jika jarak tempuh terlalu jauh. “Sekalipun aman selama didinginkan, kalau jarak pengirimannya terlalu jauh, juga berisiko merusak kue. Saya sedang mencari cara agar wilayah pemasarannya bisa meluas, tanpa mengorbankan rasa kue,” jelas Dara, yang membuka outlet di Jalan BKR, Bandung.

The Dream’s Cake juga dapat dijumpai di beberapa kafe di Bandung, yang menjalin kerja sama secara konsinyasi dengan Dara. Selain itu, bisa pula dipesan secara online.

Facebooktwittergoogle_plusmailFacebooktwittergoogle_plusmail
error: Content is protected !!