Dari Berjualan Keliling hingga Menjadi Kopi Legendaris

Kopi Kapal Api

Kopi Kapal Api telah berumur lebih dari 100 tahun. Tidak mengherankan, bila perjalanan panjang dan penuh kegigihan itu menghasikan prestasi yang mengagumkan. Kini, Kopi Kapal Api telah menguasai lebih dari 50% pangsa pasar kopi nasional

e-preneur.co. Beberapa waktu lalu, Etty Tjahyono melakukan wisata perjalanan ke Jawa Timur. Salah satu tempat yang dikunjunginya yaitu Pabrik Kopi Kapal Api. Atas seizin pengelola MULA Kota Tua, sebuah wadah bagi berbagai komunitas dan pelaku ekonomi tersebut, e-preneur.co menulis ulang kisah perjalanan sebagai berikut.

Kopi Kapal api. Siapa yang tidak kenal dengan jagoan kopinya Indonesia itu? Brand ini dikeluarkan oleh PT Santos Jaya Abadi, yang berkantor pusat di Sidoarjo, Jawa Timur. “Perusahaan ini didirikan oleh dua bersaudara yakni Soedomo dan Indra, pada tahun 1979. Tepatnya, setelah Ayah mereka, Soe Goe Loet, pecah kongsi dengan kedua saudaranya,” tutur Etty.

Menguasai 50% pangsa pasar kopi nasional

Sementara ide menggunakan “merek” Kapal Api muncul dari Soe Goe Loet. Sebab, semula, sebagian besar pelanggan kopi tersebut yakni para pelaut di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur. “Melihat banyaknya kapal yang bersandar di pelabuhan itu, timbullah ide Soe Goe Loet untuk memberi nama ‘Kapal Api’ pada produk kopinya,” lanjutnya.

Tidak bisa dipungkiri, jika Kopi Kapal Api memiliki keunggulan dalam kualitas. Imbasnya, kopi yang diracik dengan takaran yang pas ini memimpin pasar dengan menguasai 50% pangsa pasar kopi nasional melalui beragam produknya.

Museum Kopi

Awalnya, Kopi Kapal Api mempunyai nama Kopi Bubuk Hap Hoo Tjan yang dijual menggunakan pikulan kayu dan sepeda onthel. Sementara pemiliknya yaitu Soe Goe Loet, memiliki lima anak. Tiga di antaranya (Soedomo, Soetikno, dan Indra) meneruskan bisnis Ayah mereka.

Kini, Kopi Kapal Api telah berusia lebih dari 100 tahun dan berencana membuat Museum Kopi. Beberapa properti yang akan dipamerkan merupakan  saksi sejarah perjalanan Kopi Kapal Api dari generasi pertama hingga generasi ketiga.

FacebooktwittermailFacebooktwittermail
error: Content is protected !!