A password will be e-mailed to you.

Kalimatan Timur belakangan ini gencar dibicarakan masyarakat Indonesia karena sempat disebut Presiden Joko Widodo cocok sebagai Ibu Kota baru menggantikan DKI Jakarta. Di balik itu, Kalimantan Timur menyuguhkan hidangan kuliner menarik yang sangat cocok disantap bersama rekan kantor maupun keluarga. Terlebih, daerah ini terkenal dengan olahan hasil lautnya yang memanjakan lidah.

ImageNah, jika Anda Ke Balikpapan belum lengkap bila belum makan kepiting. Demikian slogan yang tercipta bagi pendatang yang  mengunjungi kota Balikpapan. Bagi yang tidak menyukai makanan laut yang nikmat ini slogan tersebut hanyalah angin lalu tak berarti apapun, tapi bagi kami, sebagai pemakan segala khususnya makanan laut, mengetahui bahwa Balikpapan adalah surganya makan kepiting, maka salah satu agenda wajib saat berada di Balikpapan ada makan kepiting.

Dari info yang diperoleh, ada tiga tempat makan kepiting enak, yaitu Kepiting Kenari, Dandito dan Acang. Dan berdasarkan rekomendasi yang kita dapat dari baca sana sini, maka kita memilih untuk makan di Dandito, salah satu alasan lainnya adalah karena lokasi Dandito dekat dengan penginapan kami di Jalan Marsma Iswahyu, Balikpapan. Lokasinya hanya berjarak kurang dari 10 kilometer dari Bandara Sepinggan, Balikpapan.

Dari pinggir jalan bentuk restorannya biasa saja, tapi begitu didalamnya ternyata cukup luas, dengan pemandangan yang cukup lapang. Lalu lintas Pesawat yang datang dan pergi di bandara Sepinggan dapat dipantau dari sini, karena memang lokasinya tak jauh dari Bandara.

Menu andalan di sini adalah kepiting saus Dandito dengan bumbu campuran jahe, gula, bawang, dan cabai. Kepiting betina dengan telurnya yang gurih dan kentalnya saus khas restoran ini, membuat lidah terasa bergoyang. Apalagi ditambah capcay, cah kangkung, atau fuyunghai kepiting sebagai pelengkap.

Tekstur sausnya kental berwarna merah, dengan paduan asam, manis, dan pedas. Saus khas itu dicampurkan dengan kepiting jantan, kepiting betina, atau kudapan roti mantou. Roti yang terbuat dari tepung beras dan ragi ini merupakan kudapan peranakan Tionghoa Kalimantan yang dicetak bulat tanpa isi.Bila ingin mencoba varian lain, kepiting yang dilumuri saus lada hitam, kepiting asparagus, atau kepiting goreng dengan bumbu bawang putih bisa pula dinikmati. Berbagai jenis teknik memasak tadi bisa diterapkan untuk kepiting jantan, kepiting soka, dan kepiting betina. Selain menu kepiting, Dandito juga punya menu laut lainnya, seperti ikan gurame, udang, dan ikang cakalang.

Jika dibayangi pikiran buruk soal kolesterol tinggi, biasanya pelanggan ditawari es kelapa muda untuk menetralisir oleh pelayan restoran. Untuk Anda yang sedang diet, ada pilihan bebas gluten.

Restoran ini juga membuka cabang di Badung, Bali. Jika ingin menikmati kepiting khas ala restoran Anda cukup merogoh kocek Rp130.000 hingga Rp280.000 satu porsi.