A password will be e-mailed to you.

Di tengah kondisi  pandemi yang sulit, 74,7% masyarakat  di Tanah Air mengungkap, pendidikan masih sebagai prioritas  pengeluaran mereka.

Meski demikian, tidak sedikit juga masyarakat yang masih belum  mengambil langkah-langkah nyata  untuk mempersiapkan bekal pendidikan  si buah hatinya, baik formal mau pun informal.

Padahal, perencanaan matang atas segala bentuk resiko mutlak disiapkan sedini mungkin, yang adalah untuk melindungi keberlangsungan pendidikan anak demi cerahnya masa depan mereka. Membekali anak dengan pendidikan yang memadai menjadi penentu bagi lahirnya sumber daya manusia berkualitas.

Donita Nugroho

Adalah — di antaranya —  salah seorang sosok orangtua,  Donita Nugroho, selebritas, yang mengutamakan pendidikan.

Ibu dari dua orang anak buah perkawinannya dengan Adi Nugroho, aktor  dan pembawa acara, yang merampungkan pendidikan di Universitas Pembangunan Jaya, Jakarta, ini berbagi kisah, “Saya dan suami sama-sama dibesarkan oleh figur orangtua yang memperjuangkan pendidikan, sehingga semangat ini pula yang kami terapkan sekarang.”

Lanjutnya,” Ketika baru menikah justru kami sudah langsung hunting sekolah untuk anak-anak serta mengalokasikan dana pendidikan yang tidak boleh diganggu gugat. Menurut saya, PRUCerah dapat membantu para orangtua untuk lebih percaya diri dalam menyusun rencana pendidikan dan masa depan anak-anak secara lebih optimal dan terproteksi,  bahkan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.”

Sebagai orangtua, apa yang ia lakukan dan terapkan pada anak-anaknya, wanita kelahiran dan dibesarkan di kota Bandung, ini  berucap,”Alhamdullilah, sebagai orangtua saya melakukan sesuatu kegiatan bersama anak  yang tidak membosankan.   Semisal mencari games yang seru-seru, atau bikin mainan dari jeruk Bali semisal. Kesmeua agar anak terus terasah kemampuannya dan kreatif.”

Kiranya, apa yang dilakukan, tak lepas dari apa yang ditanamkan orangtuanya. Katanya,”Terlebih Mama saya terbilang ketat  untuk soal pendidikan. Kalau nilai kurang mencapai, maka anak tidak dikasih liburan.”

Tambahnya,”Dari sana, Papa dan Mama ingin  saya melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, seperti halnya juga merupakan keinginan saya. Dan saya lanjutkan pendidikan di Universitas Padjadjaran, Bandung. Berjalannya waktu,  di  tengah itu, saya ke Jakarta karena mendapat tawaran kerja, masuk Dunia hiburan, ikut syuting. Dan lima tahun kemudian, saya bermukim di Jakarta,  saya tergerak kembali kuliah karena memang itu  keinginan utama.”

Teringat Donita — yang banyak menoreh peran di beragam sinetron dan film layar lebar — akan ucapan sang Papa,  bahwa kalau anak sukses  berarti bekal pendidikannya cukup.

Kiranya berangkat dari sana jua, ia kembali lanjutkan kuliah, beriring kegiatan syuting, menikah dan kemudian hamil. “Bisa dibilang, adalah Mama yang sosok penting  yang bikin saya mengejar apa yang terbaik. Pendidikan buat saya, tidak untuk beroleh kesempatan kerja saja tetapi lebih dari itu. Begitu pun sekarang setelah menjadi orangtua, saya dan suami, melakukan untuk pendidikan terbaik anak. Kami ingin dapat pendidikan yang baik untuk medapat yang terbaik, tentu biaya juga menjadi bahan pemikiran untuk mewujudkan cita-cita anak-anak. (Andriza Hamzah) Photo : alchemy Communication