A password will be e-mailed to you.

Bagi penikmat musik Tanah Air, nama Alif Maulana mulai melekat dan semakin familiar sebagai Penyanyi solo. Kehadiran musisi muda berbakat asal Indonesa, ini dipastikan segera meramaikan industri musik di Tanah Air, karena tak hanya pesona suara yang dimiliki, tetapi Alif Maulana menggenggam sejumlah kelebihan sehingga mampu memukau banyak orang.

Single terbarunya yang baru diluncurkan, “Couldn’t Care Less”, merupakan single kedua Alif, demikian sapaan akrabnya, dari album debutnya, “Expedition”, berkisah tentang perasaan seseorang yang diremehkan saat berusaha mengejar impian, dan bagaimana seseorang ingin mengejar mimpinya tapi banyak yang meremehkan dan meragukan keputusannya. Begitu pun dia tidak peduli apa yang dikatakan orang dan tetap menjalankan apa yang dia percaya.

Proses pembuatan “Couldn’t Care Less” berlangsung secara bertahap dan melalui banyak proses kurasi, bermula dari jam session gitar dan bass yang dilakukan Alif bersama seorang temannya di tahun 2017 yang direkam di handphone dalam durasi yang pendek.

Berawal dari menginjak tahun 2021, Alif mendengarkan kembali rekaman lama, ini dan teringat pada sebuah lirik yang dibuatnya di tahun 2016, yang merupakan hasil inspirasi oleh musik dati Stevie Wonder, Maroon 5, Toto, The Police, dan Gugun Blues Shelter. Dari sana, kemudian Alif memasukkan lirik tersebut menjadi melodi lagu yang kemudian ia produksi sendiri, dan dibantu (co-produced) oleh salah seorang musisi Indonesia, Caesar Rizal (Soulvibe).

Proses produksi lagu “Couldn’t Care Less” yang memakan waktu sekitar 3 bulan, berirama upbeat pop/rock disertai elemen blues dan funk, ini akan membuat pendengaran penikmat musik lantas bergoyang mengikuti irama lagunya.

Catatan menarik dari Penyanyi muda yang lahir dan dibesarkan di Jakarta, mulai tampil di panggung musik sejak usia 6 tahun. Sejak itu, ia tidak pernah berhenti melantun. Bahkan untuk lebih memantapkan langkah di Dunia musik, Alif kemudian memperdalam musik di Birmingham, Inggris.

Di sana Alif menjadi bassist dan mengaransemen musik untuk The Clinks, sebuah band lokal di Inggeris. Di bawah manajemen Glowing Management yang berpusat di Inggeris, single perdana Alif, “Hopes & Dreams”, membahana, masuk playlist Spotify “Fresh Finds Indonesia”.

Sarjana musik lulusan Birmingham City University, ini pun bekerja keras mengembangkan penggemarnya di Indonesia, Inggeris dan seluruh Dunia.

Pada masa pandemi, kiranya tidak menjadi hambatan dirinya untuk berhenti berkarya. Malah, dimanfaatkan dengan menulis, merekam dan memproduksi musik-musik baru dan bekerja secara jarak jauh dengan artis-artis Internasional. Alif tidak sabar untuk memulai membagikan lagu-lagunya kepada para penggemarnya.

Penikmat muisk, lagu “Couldn’t Care Less” dapat didengar di Spotify, Apple Music, Joox, Deezer, Youtube Music, dan berbagai Streaming Service lainnya mulai 16 Juli 2021. (Andriza Hamzah)