A password will be e-mailed to you.

Diperkirakan lebih dari 400.000 unit mobil mengalami kerusakan akibat banjir besar yang terjadi di Kota Zhengzhou China bagian tengah akhir Juli 2021 lalu.

Banjir besar yang melanda Kota Zhengzhou Provinsi Henan China bagian tengah pada akhir Juli 2021 lalu, menimbulkan korban sangat besar. Tidak hanya korban jiwa, banjir mengakibatkan infrastruktur dan sarana transportasi rusak parah.

Ratusan ribu mobil rusak

Dikutip dari The Weather Channel, asosiasi perdagangan Zhengzhou memperkirakan lebih dari 400.000 unit mobil mengalami kerusakan dengan tingkat bervariasi.

Video-video yang beredar memperlihatkan bagaimana mobil-mobil tersebut tersapu air bah tak tentu arah. Gambar yang lain juga menunjukkan puluhan bahkan ratusan mobil saling bertumpuk satu sama lain setelah banjir reda. Sedangkan yang lain teronggok begitu saja dalam kondisi rusak.

Foto menunjukkan Banjir di Kota ZhengZou akhir Juli 2021

Banjir besar melanda Kota Zhengzhou Provinsi Henan China bagian tengah

Kerusakan infrastruktur berdampak pada 14 juta orang dengan lebih dari 930.000 orang harus direlokasi. Lebih dari 300 orang dinyatakan tewas, sementara puluhan yang lain belum ditemukan.

Sebagian besar korban tewas karena terjebak di dalam terowongan Jingguang beserta kendaraannya. Situs berita Amerika, National Public Radio (NPR) menuliskan kesaksian tersebut dari salah satu warga Zhengzhou yang turut jadi korban.

The Global Times melaporkan Pejabat provinsi Henan telah berjanji untuk memulihkan produksi dasar dan kondisi kehidupan, namun butuh waktu minimal satu tahun. Mereka juga telah berjanji untuk meningkatkan penanganan banjir dan kapasitas drainase fasilitas pemeliharaan air dan sungai dalam waktu dua sampai tiga tahun.

Kota terpadat

Sebagai informasi, Zhengzhou adalah ibu kota Provinsi Henan dan salah satu kota terpadat di China bagian tengah. Kota ini berada di dataran rendah di aliran Sungai Kuning, yakni sungai terpanjang kedua di China setelah Yangtze.

Foto ratusan mobil hancur oleh banjir

Ratusan mobil yang hancur oleh banjir besar jadi tontonan warga Zhengzhou

Dalam hal kemajuan kota ini sangat maju baik dalam hal infrastruktur, ekonomi, teknologi, dan pendidikan. Zhengzhou memiliki stasiun dan jalur kereta api yang terhubung hingga ke Eropa. Juga memiliki bandara internasional, yaitu Zhengzhou Xinzheng International Airport.

Kota ini juga memiliki populasi kendaraan roda empat yang sangat besar, disamping sarana transportasi umum. Berdasarkan data Wikipedia, terdapat lebih dari 5.700 bus angkutan umum yang dioperasikan perusahaan Zhengzhou Bus Communication Corporation (ZZB).

Foto menunjukkan infrastruktur di Kota Zhengzhou rusak akibat banjir bandang

Banjir juga merusak properti dan infrastruktur

Perkembangan sektor transportasi didukung infrastruktur jalan raya dan jalan tol yang sangat baik menghubungkan Kota Zhengzhou dengan kota-kota yang lain seperti Kaifeng, Xinxiang, Xuchang, Jiaozuo, dan Luoyang. (Sumber)