A password will be e-mailed to you.

Sebagai sebuah MPV premium, Hyundai Staria memang cukup menggoda untuk dinikmati, baik dari sisi eksterior maupun interior.

Untuk pasar Indonesia, Hyundai merilis Staria dalam dua model yaitu Signature 7 dan Signature 9.

Untuk harga on the road Jakarta dan kepemilikan pertama, Signature 7 dijual Rp1.020.000.000. Sedangkan model Signature 9 dibanderol Rp888.000.000.

Hyundai mengatakan MPV premiumnya ini dipersembahkan bagi konsumen keluarga, profesional, atau pebisnis yang sangat mengutamakan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Yuk, kita simak hal menarik yang disuguhkan MPV premium ini.

Eksterior

Sisi eksteriornya menampilkan nuansa futuristik. Desainnya terkesan bersih, ramping, dan menyerupai pesawat luar angkasa.

Bagian depan Staria memberikan tampilan gril eksklusif dengan diperkuat LED Daytime Running Lights (DRL) horizontal dan positioning lamps yang berada di sepanjang sisi kendaraan.

Tampilan canggih juga direpresentasikan oleh lampu depan LED projector yang ditempatkan di setiap sisi gril.

Staria dilengkapi roda atau alloy wheels 18 inci yang menampilkan warna permukaan elegan dengan nuansa Dark Chrome dan Tinted Brass Chrome.

Mobil ini memiliki panjang 5.253 mm, lebar 1.997 mm, tinggi 1.990 mm dan jarak sumbu roda 3.273 mm.

MPV ini tersedia dalam warna Creamy White, Abyss Black Pearl, Graphite Grey Metallic, dan Shimmering Silver Metallic.

Interior

Untuk warna interior, tersedia dalam pilihan Black one-tone Embroidered leather dan Brown two-tone Embroidered leather.

Pada ruang kabin, terdapat jendela lebar di sisi kendaraan dan posisi garis sabuk yang lebih rendah untuk meningkatkan visibilitas.

Ketinggian kabin juga dioptimalkan untuk kenyamanan dan kemudahan penumpang.

Interior MPV ini mengusung konsep multi ruang terbuka untuk pengoperasian yang prima bagi pengemudi. Juga komposisi ruang serbaguna bagi penumpang dengan nuansa layaknya sebuah premium lounge.

Pada kursi pengemudi Anda bisa melihat tampilan TFT LCD Instrument Cluster berukuran 10,25 inci, layar sentuh 8 inci dengan Radio AM/FM, streaming audio Bluetooth, layar sentuh fasia tengah, dan tombol transmisi Shift-by-Wire.

Interior Staria terinspirasi dari ruang tunggu kapal cruiser dengan bentuk yang nyaman dan sederhana dengan jendela panoramic di kursi baris kedua.

Juga akan ditemukan Dual Sunroof dengan fitur tilting & slide yang dapat diatur untuk memaksimalkan sensasi kemewahan yang dirasakan.

Untuk media penghibur, menggunakan BOSE Premium Sound System yang dilengkapi dengan Dynamic Speed Compensation, yang secara otomatis menyesuaikan volume suara dengan kecepatan mobil.

Sedangkan untuk pengisian daya pada gawai, Staria memiliki Wireless Smartphone Charging dan port USB charge untuk semua baris kursi, di mana 5 port USB pada Signature 7 dan 7 port USB pada Signature 9.

Staria Tipe Signature 7 dilengkapi dengan 7 kursi dan Premium Relaxation Seats di baris kedua yang dapat direbahkan secara otomatis dan digeser untuk kemudahan akses atau memaksimalkan ruang penyimpanan.

Tersedia fitur penghangat dan pendingin kursi di baris kedua pada Signature 7 yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penumpang.

Kapasitas bagasi Signature 7 dapat menampung hingga 117 liter ketika semua kursi dalam posisi standar, dan dapat diperluas hingga 431 liter.

Atau dapat membawa hingga lima tas golf dalam mode Luggage Utilization, yang berlaku saat menggeser kursi baris ketiga.

Untuk tipe Signature 9, terdiri dari 9 kursi dengan Swiveling Independent Seat dimana baris kedua dapat diputar 180 derajat untuk dapat berhadapan dengan penumpang di baris ketiga.

Karena fungsinya ini, tipe Signature 9 juga dapat dioptimalkan untuk kendaraan perusahaan atau dijadikan sebagai tempat pertemuan bisnis di dalam mobil.

Signature 9 juga memiliki kapasitas bagasi yang sama seperti Signature 7 ketika semua kursi dalam posisi standar, yaitu hingga 117 liter.

Namun, Signature 9, dua kali lebih luas dari model 7-seater ketika dalam mode Luggage Utilization, dengan kapasitas hingga 882 liter atau dapat membawa hingga 10 tas golf.

Mode ini berlaku saat menggeser kursi baris kedua dan ketiga, serta menggeser dan mengangkat bangku kursi baris keempat.

Hyundai mengklaim ruang kaki yang luas dari Staria adalah salah satu yang terbaik di segmennya.

Ruang kaki di Signature 7 adalah 1.027 mm di baris pertama; 1.400 mm di baris kedua; dan 1.256 mm di baris ketiga.

Sedangkan untuk Signature 9 memiliki ruang kaki 1.027 mm di baris pertama; 1.025 mm di baris kedua; 886 mm di baris ketiga; dan 915 mm di baris keempat.

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Staria memiliki berbagai sistem dan sensor keamanan untuk memberikan peringatan kepada pengguna dan membantu mengambil tindakan pencegahan dalam situasi tabrakan.

Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), yaitu sistem yang secara otomatis memperingatkan potensi risiko tabrakan dari depan.

Jika diperlukan, sistem ini akan secara otomatis melakukan pengereman jika sistem menilai akan terjadi tabrakan dengan kendaraan atau pejalan kaki di depan mobil.

Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Warning (BCW) dapat mendeteksi dan memantau kendaraan yang datang dari belakang.

Dan membantu menghindari tabrakan dengan memberikan peringatan dan mengaktifkan rem secara otomatis jika diperlukan.

Sistem keamanan ini juga sekarang mencakup situasi ketika akan keluar dari posisi parkir paralel.

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur khas mobil Hyundai, seperti Blind-Spot View Monitor (BVM) yang menampilkan area blind spot di bagian belakang kendaraan.

Tampilan visual BVM terletak di panel cluster mobil saat mengemudi.

BVM akan berfungsi jika lampu sein diaktifkan dalam situasi pengemudi ingin berpindah jalur saat berkendara.

Fitur khas lainnya adalah Safe Exit Assist (SEA) dan Safe Exit Warning (SEW), yang dapat membantu menghindari tabrakan atau kecelakaan jika penumpang di baris kedua turun dari mobil jika kendaraan datang dari belakang.

Fitur keselamatan lainnya adalah Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) dan Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW), yang mendeteksi kendaraan yang mendekat dari belakang kanan atau kiri.

Sebuah tanda peringatan akan muncul menginformasikan pengguna bahwa mobil datang dari belakang, di mana sistem juga akan secara otomatis mengerem jika diperlukan.

Jika kendaraan mulai keluar jalur, sistem akan memberikan peringatan visual dan audio, dan jika diperlukan, akan melakukan intervensi ke roda kemudi untuk menjaga mobil tetap pada jalurnya.

Sementara itu, Lane Following Assist (LFA) akan membantu mengendalikan kemudi mobil secara otomatis agar tetap berada di tengah jalur.

MPV ini juga memiliki Surround View Monitor (SVM) yang memberikan pandangan 360 derajat ke seluruh kendaraan, sehingga memudahkan pengemudi untuk memarkir kendaraan, terutama di area yang relatif sempit.

Mesin

Staria menawarkan performa mesin dengan powertrain yang efisien dan ramah lingkungan, yakni mesin diesel R2.2 VGT dengan transmisi otomatis 8 percepatan.

Mesin ini memiliki tenaga maksimal 177 PS/3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm/1.500-2.500 rpm. Akselerasi 0-100 km/jam dalam 12,4 detik dan kecepatan maksimal mencapai 185 km/jam.