A password will be e-mailed to you.

Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan cerminan dari keluarga bahagia. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Namun ternyata menyajikan makanan sehat saja tidak cukup, juga harus ada keterlibatan aktif dari keluarga.

Berpijak dari sanalah kiranya, PT AJINOMOTO INDONESIA — produsen bumbu penyedap makanan terkemuka yang telah mewarnai kehidupan masyarakat
Indonesia dengan produk-produk berkualitas tinggi dan mehadirkan kelezatan di setiap masakan konsumennya — bergandeng Inaviga Indonesia, menjalin kerjasama, menyelenggarakan acara bincang menawan dalam webinar bertajuk “Strategi Menu Keluarga Sehat : Peran Cita Rasa Umami”.

Webinar edukasi yang merupakan rangkaian kegiatan dari Juli hingga Agustus 2021, dihadiri oleh 349 peserta, terbuka untuk umum, khususnya Ibu rumah tangga dan pelajar, menghadirkan psikolog anak dan keluarga, Irma Gustana M.Psi.

Sebagai pakar Irma Gustana memaparkan tentang pentingnya peran orang tua khususnya Ibu untuk melakukan strategi psikologis dalam memberikan edukasi tentang gizi kepada anak dan anggota keluarga lainnya. Dielaskan bahwa, psikologi dapat membangun kedekatan Ibu dan anak serta menjadikan anak memiliki perilaku yang baik dalam mengkonsumsi makanan, terutama bila ditambahkan bumbu umami sebagai penyedap rasa.

“Saya sering menemukan masalah yang dihadapi seorang Ibu yang bingung karena bayinya sulit makan makanan dengan berbagai nutrisi. Hal ini terkadang membuat orang tua frustasi dan membuat anak menganggap waktu makan sebagai situasi yang tidak menyenangkan. Padahal untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, membutuhkan komitmen baik dari orang tua mau pun anak itu sendiri. Ada beberapa tips dari aspek psikologis yang bisa Ibu terapkan untuk membuat anaknya lebih semangat makan, serta memberikan edukasi kepada anak tentang nutrisi dan menambahkan bumbu umami untuk memberikan rasa yang menggugah selera pada makanan,” jelas Irma saat menyampaikan materi.

Lanjutnya,“Hal pertama yang harus dilakukan adalah melibatkan anak-anak agar tertarik untuk makan berbagai jenis makanan. Kemudian persiapan, penyajian, waktu hingga pendampingan saat makan bersama anak menjadi penting. Misalnya saat menyiapkan makanan, kita bisa melibatkan anak dalam berbelanja, berdiskusi tentang menu sehari-hari, memasak bersama dan belajar rasa baru seperti umami. Perlu diingat bahwa pemilihan bahan tambahan pangan untuk menambah cita rasa seperti bumbu umami dapat menggugah semangat anak-anak untuk menyantap masakan yang dimasak bersama Ibunya.”

Di acara webinar, Katarina Larasati, Public Relations Manager PT AJINOMOTO INDONESIA, menyampaikan,“PT AJINOMOTO INDONESIA sebagai Perusahaan penyedia solusi masalah pangan dan kesehatan, berkomitmen untuk mendukung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui kegiatan edukasi terkait gizi bagi keluarga. Kami berharap para peserta webinar dapat memperoleh dan menerapkan ilmu dan informasi dari para pembicara dan membagikannya kepada orang lain. Bagi Ibu-Ibu yang tertarik dengan webinar, ini silakan lihat video kami kembali untuk lebih jelasnya melalui (https://tinyurl.com/WebinarAjinomotoSerie4).” (Andriza Hamzah)
Sumber tulisan & Photo : IdComm