A password will be e-mailed to you.

Memasuki tahun ke-10 penyelenggaraan acara Cussons Bintang Kecil 2021, mengusung tema “Hari Penuh Cinta”, Cussons mengajak para orangtua untuk berpartisipasi dengan mengangkat kisah cinta yang mereka alami bersama keluarga.

Lebih dari itu pesona dari acara yang berlangsung, dimulai Minggu, 10 Oktober 2021 hingga 05 Desember 2021. Menghadirkan seorang Psikolog Anak dan Remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, yang menyampaikan seputar hubungan ikatan hati dan kebersamaan yang ideal antara orangtua dan anak. Tepatnya, guna membimbing orangtua agar dapat hadir sepenuhnya dan menciptakan rasa aman dan tenteram pada anak, terlebih di tengah situasi pandemi.

Di masa pandemi, kala orangtua banyak menghabiskan waktu di rumah, sejatinya banyak momen-momen dalam masa tumbuh kembang anak yang dapat secara langsung dilihat dan dialami bersama.

Dengan berbagai penyesuaian ketika banyak berada di rumah, tentunya banyak kebiasaan keluarga yang harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Saat, ini orangtua, bahkan, bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin saat berada di rumah untuk perkuat bonding dengan anaknya.

Ada banyak cara untuk dilakukan, dimulai dari hal
kecil seperti membuat rutinitas makan bersama, perbanyak sentuhan fisik antara orangtua dan anak, membaca dan bermain bersama dan juga beragam aktivitas yang dapat dilakukan di rumah.

“Ikatan antara orangtua dan anak dapat dibangun melalui momen-momen kebersamaan sehari-hari. Contohnya dengan makan bersama, membacakan cerita mau pun saat orangtua memandikan anak. Buatlah momen-momen tersebut menjadi ritual dalam keseharian di mana dapat terbangunnya kedekatan dan kehangatan melalui kontak fisik. Hal inilah yang kemudian dapat membuat anak merasa aman dan tenang, terlebih di masa-masa sulit,” ujar Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi,Psikolog, di acara peluncuran #HariPenuhCinta Bersama Cussons Bintang Kecil 2021.

Vera Itabiliana menambahkan, ketika waktu bersama anak tercipta dan berlangsung, fokus pada komunikasi dan yang dipenuhi dengan cinta. Dan di setiap hari, siapkan waktu sekitar 10 – 15 menit, untuk mendongeng sebelum anak tidur. Atau melakukan olahraga dan nonton bareng.

Di acara dengan Mc Sophia Tobing, Celebrity Mom, yang adalah Ibu 2 anak – usia 7 tahun dan 1 tahun, Mona Ratuliu, berbagi cerita. “Betapa penting dan berartinya mengisi waktu bersama anak. Dari kebersamaan yang diwarnai rasa cinta, tercipta ragam rasa. Pastinya kebahagiaan.”

“Sekali pun saya, sebagai orangtua, dipenuhi padat kegiatan dan juga memiliki masalah, tetapi pikiran untuk menyiapkan waktu bersama anak diusahakan terpenuhi. Harus memiliki waktu untuk bersama anak. Saya tentu menyiapkan hati dan menjalani sepenuh hati. Dari sana, bermacam kegiatan yang saya dan anak-anak lakukan. Dari mulai makan bersama, nonton dan olahraga bareng juga mendongeng,” kata Mona Ratuliu.

Lanjut Mona Ratuliu berbagi cerita,”Aawal pandemi, rutinitas kegiatan anak terganggu bahkan berantakan. Hingga suatu hari, rasa hidup rasa tidak terarah. Dari sana saya putuskan untuk obrolin dengan anak, mulai dari jam tidurnya, waktu bermain, belajar, jam makan dan beberapa lainnya. Sebagai orangtua, tetapi saya juga siap menjadi teman dari anak. Maka siap 24 jam untuk anak dan hari-hari pun dipenuhi cinta. Untuk, ini saya berterima-kasih pada Cussons yang telah menginspirasi Hari Penuh Cinta.”

Brand Manager Cussons Kids Indonesia, Seila Pramadania Sativa menyatakan,“Cussons selalu hadir untuk keluarga Indonesia serta berkomitmen kuat untuk senantiasa mendampingi proses tumbuh kembang anak Indonesia. Prinsip kami, Cussons akan terus hadir demi mendampingi dan memfasilitasi kesehatan dan kesejahteraan keluarga di Indonesia pada setiap tahap pertumbuhan anak untuk Indonesia yang lebih baik lagi kedepannya.”

(Andriza Hamzah) Photo : Dok. CI/Ist