A password will be e-mailed to you.

Dompet Dhuafa secara simbolis resmi menerima donasi sebesar Rp 72.896.000,-, merupakan dana yang terkumpul dari masyarakat yang antusias mengikuti kegiatan TOSS TBC Virtual Run & Ride 2021 yang diselenggarakan pada Bulan Agustus 2021 oleh Kementerian Kesehatan RI didukung penuh oleh PT Johnson & Johnson Indonesia.

Donasi yang diterima secara simbolis oleh dr. Yeni Purnamasari, MKM, selaku General Manager Kesehatan dari Dompet Dhuafa, diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendukung aksi nyata penanggulangan TBC di Indonesia, utamanya dalam bentuk pemberian paket nutrisi yang menyasar pasien TBC sebagai penerima manfaat secara langsung. Paket nutrisi ini akan didistribusikan selama satu tahun kepada pasien TBC yang ditargetkan berasal dari beberapa wilayah terpilih di Indonesia.

Sebagai salah satu Perusahaan perawatan kesehatan terkemuka di Dunia, Tuberkulosis (TBC) memang menjadi salah satu fokus utama dari Johnson & Johnson dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat (public health). Sejak 2015, PT Johnson & Johnson Indonesia selalu terlibat dan turut berperan aktif dalam program pemberantasan TBC yang berfokus pada tiga hal, yaitu edukasi dan Halaman 2 dari 3 peningkatan kesadaran publik; peningkatan kapasitas sumber daya kesehatan; dan akses terhadap diagnosa dan perawatan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia didukung oleh PT Johnson & Johnson Indonesia terus melanjutkan berbagai inisiatif dengan selalu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai penyakit TBC dan TBC RO (TBC Resisten Obat).

Mengulang kesuksesan pada tahun sebelumnya, gerakan sosialisasi TOSS TBC Virtual Run & Ride 2021 kembali digelar dengan total partisipasi lebih dari 900 peserta dari seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini mengajak masyarakat untuk mengambil peran dalam mendukung program eliminasi TBC di tahun 2030 mendatang, salah satunya dengan gaya hidup sehat aktif yaitu berolahraga.

Selain menjangkau masyarakat di rentang usia produktif, tahun ini kampanye juga difokuskan untuk mendorong dan mengajak generasi muda pada rentang usia 18 – 35 tahun sebagai sasaran utama. Generasi muda diyakini memiliki energi positif untuk menjadi mitra dalam mengedukasi dan mengadvokasi setiap rangkaian kampanye publik TOSS TBC 2021 ini. Selain berpartisipasi dalam olahraga virtual, generasi muda dengan usia minimum 15 tahun juga diajak untuk ikut mengedukasi serta mensosialisasikan TBC dan pentingnya deteksi dini dengan berpartisipasi dalam Kompetisi Video TOSS TBC 2021.

Tidak hanya melibatkan masyarakat umum, TOSS TBC Virtual Run & Ride 2021 juga melibatkan para influencer sosial media untuk berperan aktif mensosialisasikan gerakan ini, termasuk Najwa Shihab yang turut mendukung edukasi tentang pencegahan dan penanggulangan penyakit TBC.

“Tahun ini kami sangat berterima kasih kepada para peserta yang telah mendukung dan berperan aktif dalam gerakan sosialisasi ini. Dengan adanya kerja sama masyarakat dan berbagai inisiatif terkait TBC yang dilakukan secara berkelanjutan, kami berharap seluruh masyarakat akan semakin sadar dan mengerti tentang penyakit TBC dan TBC RO,” ujar Devy Yheanne, Country Leader of Communications & Public Affairs, PT Johnson and Johnson.

Lanjutnya, “Kami juga mengucapkan terima kasih untuk masyarakat yang bersedia memberikan donasi untuk membantu para pejuang penyakit TBC. Kami sangat yakin
bahwa bantuan donasi itu akan berguna bagi mereka yang membutuhkan. Melalui program, ini pula kita semua dapat membantu dan mendukung Pemerintah Indonesia untuk mencegah dan melakukan penanggulangan penyakit TBC dan TBC RO. Setiap detik waktu yang kita miliki berharga dan perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kembali memperkuat komitmen dan upaya kita bersama dalam Eliminasi TBC 2030,”

(Titis Mawar Rani)
Photo : Ist