A password will be e-mailed to you.

Dr. Sandersan (Sandy) Onie, ahli dan peneliti kesehatan, serta pencegahan bunuh diri, — pendiri Emotional Health for All, yang saat ini berkantor di Black Dog Institute, UNSW Sydney, Australia — menghadirkan buku berjudul ‘Panduan Pertolongan Pertama Kesehatan Jiwa Indonesia’, kiranya berpijak pada bahwa kesehatan jiwa merupakan problematika di Indonesia.

Tergambarkan dari melihat tingkat depresi dan kecemasan yang tergolong tinggi, beriring dengan stigma dan literasi kesehatan mental yang rendah, membuat guru, orang tua, tokoh agama, menghadapi dan memiliki kendala dalam menanganinya.

Menarik dan menjadi cukup membantu, buku pegangan yang diterbitkan oleh KOMPAS Gramedia. ini memaparkan sepuluh langkah terbaik yang dapat dilakukan terhadap mereka yang sedang berada dalam situasi sulit, kemudian dilanjutkan dengan apa yang dapat dilakukan untuk membantu seseorang yang sedang mengalami situasi sulit, dan cara menangani individu yang ingin bunuh diri.

Begitu pun, Dr. Sandy Onie di acara peluncuran buku, pada 06 November 2021, mengingatkan bahwa buku pegangan, ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan terapi dan penanganan profesional yang tepat. Peran Psikiater dan konselor profesional tidak dapat digantikan.

Mengawali sambutannya di acara peluncuran dengan moderator Pratiwi Astar (YKI), menghadirkan pembicara ahli : DR. Indria Laksmi Gamayanti, M.Si.,Psikolog Ketua Umum Ikatan Psikolog Klinis (IPK), Tedja Widjaja dan Linda Lesmana, pendiri Sekolah Lentera Kasih, Sidney Mohede, Penulis lagu dan Musisi menyampaikan,”Saya banyak berinteraksi dengan beragam komunitas tua dan muda, masing-masing mempunyai permasalahan kesehatan mental yang berbeda. Saya membantu mengatasinya dengan menuliskan lagu dengan lirik yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi dan solusinya. Tetapi hal ini tidaklah cukup, karena kita perlu lebih banyak orang yang saling mendukung sesama dalam menyelesaikan kesehatan mental orang-orang di sekeliling kita. Buku Panduan yang disesuaikan dengan kondisi dan budaya Indonesia, ini sangat dibutuhkan untuk membangun masyarakat yang sehat mental.”

Disampaikan, Buku Panduan, ini menjadi penting karena memberikan pemahaman ilmiah secara sederhana dan praktis sehingga mudah dipahami. Tentu membantu masyarakat tentang masalah kesehatan jiwa, khususnya tentang kecemasan, stres dan depresi serta bagaimana penanggulangannya.

Di tengah itu, Sidney Mohede, Penulis lagu dan Musisi yang besar di luar Negeri, menambahkan,”Sepanjang tigapuluh tahun berada dalam musik Indonesia, saya berinteraksi dengan anak muda tidak sekadar menyampaikan hiburan tetapi lirik lagu yang disampaikan memiliki unsur bicara spiritual. Untuk itu saya lebih berhati-hati menulis lagu yang lebih berunsur Rohani, yang mempunyai pesan positif. Juga bisa saya sampaikan, sejak pandemi, saya sering lakukan chat dengan Doktor Sandy Onie, dan tentu senang dengan dihadirkannya ‘Panduan Pertolongan Pertama Kesehatan Jiwa Indonesia’. Yang sangat menolong dan menjadi panduan untuk bisa lebih mengerti bagaimana membantu orang di sekeliling kita.”

(Andriza Hamzah)
Photo : IDComm