A password will be e-mailed to you.

Pandemi COVID-19 tidak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik, namun juga mental masyarakat, khususnya wanita.

Dapat dicermati dari melihat hasil survei United Nations (UN) Women Indonesia yang menunjukkan bahwa masalah stress lebih banyak dialami oleh wanita, yaitu sebanyak 57%. Hal ini tentunya semakin memengaruhi ruang gerak wanita di tengah kesehariannya. Selain itu, lingkungan eksternal juga sangat memengaruhi wanita dalam mengaktualisasikan keinginan dan motivasi mimpi mereka. Misalnya, dengan masih adanya stigma salah kaprah mengenai “kodrat” wanita yang nyatanya banyak melekat di tengah masyarakat.

Cukup menarik melihat studi Unilever tahun, ini kepada wanita di berbagai wilayah di Indonesia memperlihatkan bahwa 60% wanita merasa tantangan terbesar mereka dalam meraih mimpi berasal dari faktor keluarga dan tuntutan masyarakat.

Tak terkesampingkan, sangatlah berartinya kehadiran sosok role model baik dari lingkungan terdekat mau pun eksternal yang mempunyai similarity – baik latar belakang atau pun permasalahan yang sama – yang dapat dikatakan sangat membantu para wanita untuk tidak merasa sendirian dan termotivasi untuk meraih mimpi. serta dukungan secara holistik agar semua wanita Indonesia dapat memiliki motivasi lebih untuk meraih mimpi.

Betolak dari banyaknya tantangan eksternal yang dihadapi wanita muda Indonesia, dan guna menjawab hal tersebut, Sunsilk, haircare brand produksi PT Unilever Indonesia Tbk. melalui kampanye #TakTerhentikanTukBerkilau menciptakan sebuah ekosistem yang memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi semua wanita untuk membuka berbagai peluang.

Dalam kampanye, ini Sunsilk menggandeng sederetan mitra berpengalaman, Skill Academy dari Ruangguru untuk memberikan rangkaian kelas online mau pun offline, serta hard skill mau pun soft skill yang dibutuhkan dalam yang memberikan dibutuhkan dalam mengembangkan diri, dan meraih mimpi.

Sesuai keinginan terindah Sunsilk untuk mendukung wanita Indonesia untuk berkarya serta memaksimalkan potensi yang dimiliki, dalam kampanye, ini Sunsilk juga bekerja sama dengan NGO global, Girl Rising, dalam menyelenggarakan workshop bagi wanita usia Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Umum, serta para santri untuk membekali wanita Indonesia dengan rasa percaya diri dan skill lainnya.

Elviana Lim, Senior Brand Manager Sunsilk, mengatakan, “Kami melihat bahwa saat, ini wanita muda Indonesia masih menghadapi begitu banyak tantangan dari lingkungan eksternal yang menghambat mereka untuk berkembang. Dan menurut survei yang kami lakukan di 2021 terhadap wanita muda di berbagai wilayah Indonesia, 60% dari mereka merasa tantangan terbesar dalam meraih mimpi berasal dari faktor keluarga dan tuntutan masyarakat. Bahkan, 89% merasa ekspektasi masyarakat terhadap sosok wanita telah memengaruhi cara mereka membayangkan masa depan.”

“Sejalan dengan brand purpose Sunsilk, yaitu membuka lebih banyak peluang bagi wanita muda Indonesia untuk meraih mimpi, kami berharap dapat memberikan dukungan yang lebih holistik melalui kampanye terbaru kami,” Elviana Lim menambah keterangannya.

Hal ini lebih detail dijelaskan oleh Inez Kristanti, M.Psi, seorang Psikolog klinis yang memiliki kepedulian terhadap isu gender.

KILAU Wanita

Di acara kampanye #TakTerhentikanTukBerkilau, yang dipandu Lia Atmadjaja, berlangsung secara virtual pada 22 November 2021, menghadirkan Raisa Andriana selaku Brand Ambassador Sunsilk, Pretty Kusumaningrum selaku Skill Academy Manager, serta Febriani, salah satu Pemenang program mentorship Sunsilk yang akan berbagi pengalaman yang ia dapatkan selama mengikuti program mentorship, Inez Kristanti menyampaikan,”Keinginan dan motivasi wanita untuk mengaktualisasikan diri dapat dipengaruhi oleh lingkungan. Salah satunya dari bagaimana peran seorang wanita disosialisasikan atau ditanamkan oleh orang-orang sekitarnya; apakah di lingkungan tersebut wanita diharapkan untuk menjadi seseorang yang berdaya atau tidak.”

“Berbagai stigma terhadap wanita pun masih ada di tengah masyarakat, sehingga beberapa wanita bahkan tidak terpikir untuk memiliki mimpi, apalagi mewujudkannya,” lanjut Inez Kristanti.

Kian menawan, Inez Kristanti memberi tips untuk wanita agar berani melangkah maju , dan ber-KILAU, yang dirincikan : Kenali potensi dan jati diri, Ikuti passion kamu, Lakukan secara konsisten, Ajarkan ke generasi berikut, Ucapkan setiap hari bahwa kita bisa.

Pretty Kusumaningrum, Skill Academy Manager dari Ruang Guru menyampaikan, “Dikatakan wanita mengalami stres lebih tinggi, bisa mungkin sebab beban yang dialami. Jadi melatar-belakangi kerjasama dengan Sunsilk, Skill Academy, platform pendiikan siap berperan. Keseluruhan modul yang kami kembangkan bersama Sunsilk memanglah terinsipirasi dari tantangan yang dihadapi oleh wanita Indonesia saat ini. Salah satu program yang mendapat animo sangat positif adalah program mentorship, yaitu rangkaian webinar eksklusif dan one-on-one mentorship dengan sederetan sosok berpengalaman di bidang kewirausahaan, beasiswa, dan perencanaan karier. Program ini diikuti oleh 30 peserta terpilih, dan ditutup dengan sebuah kompetisi untuk mengasah semangat bersaing di antara para peserta.”

(Andriza Hamzah)
Photo : Dok. Alchemy Communication