A password will be e-mailed to you.

Terobosan konsep Pariwisata, yang mengedepankan keunikan dan keinginan para wisatawan baik Asing mau pun lokal yang disusun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi berhasil menuai pujian dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno.

Menparekraf Sandiaga Uno memuji Pemkab Dairi atas konsep Pariwisata kreatif dengan terobosan baru dan menerapkan semangat G20 pada program Pariwisata yang ada.

“Hebat warga Dairi dan  tentu juga  Bapak Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang bisa memahami apa yang tepat dan disukai oleh para wisatawan lokal mau pun mancanegara. Yaitu menggabungkan atraksi dengan amenities, ditambah cerita yang menarik serta ada produk yang bisa dilihat, dialami dan dinikmati,” kata Sandiaga Uno dalam acara Semesta Dairi Memanggil di Pakuwon Tower Jakarta, ditulis Jumat  (3/6/2022).

Semua program yang disusun oleh Pemkab Dairi, menurut Sandi, merupakan konsep unik dan sangat menjual.

“Sekali lagi selamat kepada warga Dairi dan Bupati Dairi atas ide kreatif. Jangan pernah berhenti untuk melakukan terobosan agar Dunia melihat dan mengunjungi Dairi, serta ikut mengalami dan menikmati keindahan Dairi,” ucapnya.

Menyambut ucapan Menparekraf Sandiaga Uno, Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan terima kasihnya atas dukungan yang diberikan.

“Bahkan saya langsung kasih marga kepada Pak Sandi,” kata Eddy, yang disambut tepuk tangan para tamu undangan.

Ia mengemukakan, apa yang saat ini disusun, tak lepas dari kontribusi dan sinergi semua pihak, baik dari Kementerian Koperasi dan UMKM hingga pihak ASITA, termasuk pihak media.

“Melandainya pandemi juga menjadi aspek penting dalam pengembangan pariwisata Dairi ini. Dengan dibukanya masker dan penurunan ketentuan protokol kesehatan, membuat para wisatawan siap untuk mengunjungi Dairi,” ujarnya.

Ia mengharapkan agar seluruh program yang menjadi satu dalam Program Semesta Dairi Memanggil, bisa diwujudkan mulai tahun ini.

“Kabupaten Dairi, ini merupakan melting pot, merupakan hubungan bagi Sumatera bagian utara. Saudara kita yang mau ke Aceh, kalau mau datang, harus melewati Sidikalang. Selain itu, di Dairi sendiri ada berbagai etnis, yang menyebabkan Dairi menjadi unik dan heterogen, berbeda dari tujuh Kabupaten lainnya di wilayah ini,” ujarnya.

Beragam etnis, ini menciptakan berbagai budaya yang tumbuh subur di Dairi tapi tetap harmonis dalam setiap alur kehidupan.

“Kami ingin mengawinkan G20 dengan segala keunikan Dairi, untuk menjadi titik awal bagi para wisatawan mancanegara untuk datang ke Dairi. Bukan hanya Kepala Negara-nya saja, tapi saudara lainnya untuk melihat dan menikmati apa saja yang dimiliki Indonesia, khususnya Dairi,” pungkasnya.

Mengapa Mengangangkat Tema  Semesta Dairi Memanggil’?

Memanggil, mengundang, mengajak adalah merupakan kata yang sangat mudah dimengerti oleh siapa saja dan dari mana saja (lokal mau pun Internasional). Yang tujuannya untuk membawa wisatawan lokal dan manca Negara termasuk anak daerah yang sukses di perantauan, mengunjungi Dairi dan menikmati berbagai keindahan serta kelebihan yang ada di Kabupaten Dairi.

Pesona yang menebar pada  Kabupaten Dairi, dengan dihadirkannya  serangkaian acara pada  Semesta Dairi Memanggil 2022. Di antaranya adalah (Juni – Juli) : Workshop Menulis melibatkan 100 siswa untuk belajar menulis literasi dalam bahasa daerah yang akan di terjemahkan ke dalam bahasa Inggeris dan dipublikasikan dalam bentuk Buku.

Pada Agustus –  September : Volunteer Program  mengundang pekerja sukarela dari berbagai Negara untuk membantu 2 program utama yaitu Konservasi Ikan  Purba (IHAN) di Tao Silalahi dan Smart City di Sidikalang.

Oktober : Hari Jadi Kabupaten Dairi yang akan dilaksanakan kegiatan Parade dan Pameran Budaya berbagai aktivvitas.

[]Andriza Hamzah & Natasha

Photo : Ist