A password will be e-mailed to you.

Aktris lintas profesi, Happy Salma telah lama berkecimpung dalam Dunia penulisan kreatif. Di waktu senggangnya sebagai seorang Ibu, wanita yang memulai kariernya di Dunia seni peran  juga senang merekam keseharian anak-anaknya, Kina dan Rayi dalam berinteraksi dengan sekitar.

Hal inilah yang kemudian menjadi latar belakang lahirnya Cerita Kina. Buku tentang anak pertama yang dibuat Happy, yang diilustratori oleh Heavenly Poetrysanny.

Buku ini diterbitkan oleh Pocer For Kids, lini penerbitan buku anak dari Pojok Cerpen Grup, salah satu penerbit independen yang berdomisili di Jogja. Pocer for kids merupakan ruang terbitan bagi cerita-cerita anak. Penerbit ini menerbitkan ‘Cerita Kina’ pada Desember 2021. Kolaborasi perdana kami dengan Happy Salma lewat #CeritaKina.

Volume pertama serial ini berjudul ‘Cerita Kina’ : Berkunjung ke Rumah Teman Mama, berkisah tentang Mama, Kina, dan Rayi yang mengunjungi butik Tante Sanny. Selain melihat berbagai baju cantik, di sana Kina juga bermain bersama Big Sis; kuda peliharaan keluarga Tante Sanny, Blanco, Soso, dan Jojo; juga si kambing rakus, Leah.

Launching dan diskusi buku ini diadakan oleh penerbit Pocer for Kids, yang dimulai dengan pemutaran video proses kreatif penulisan ‘Cerita Kina’ oleh Happy Salma.

 

Kenang Pertumbuhan Anak

Menulis ‘Cerita Kina’ adalah salah satu cara Happy mengenang pertumbuhan anak. Ia menulis serial ‘Cerita Kina’ berdasarkan apa yang dialami Kina, anaknya.

Buku ini diharapkan dapat menjadi teman untuk mengenalkan literasi pada anak. Happy menyatakan peduli pada literasi anak-anaknya, yang menurutnya dapat menghindari penggunaan gadget berlebihan pada anak.

Bagi Happy sendiri, membaca buku bagi anak-anak adalah upaya melatih ruang imajinasi, kreativitas, dan kecerdasan anak-anak. Selain itu, anak-anak dapat memiliki teman bermain yang kisah-kisahnya mungkin terwakilkan dalam karakter-karakter dalam ‘Cerita Kina’.

Sebagai seniman multi talenta, Happy tak pernah jeda dalam berkreasi. Kini Happy aktif sebagai produser dan di Titimangsa Foundation. Serial Kina adalah buku cerita anak pertamanya, yang dalam proses buku ini, ia bekerja sama dengan Heavenly untuk mengisi ilustrasi.

Sementara itu, Heavenly Poetrysanny adalah painter dan illustrator autodidaktik berusia 19 tahun yang tinggal di Bali. Karya-karya seninya sempat dipajang di berbagai acara pameran seni, seperti di London dan DiaLoGue Artspace, serta pernah dilelang di acara Unity Indonesia.

 

[]Andriza Hamzah

Photo : EPR