Penyakit jantung yang banyak disoroti Dokter adalah kelainan irama jantung atau fibrilasi atrial. Pasalnya, kondisi denyut jantung yang tidak teratur ini berpotensi memicu stroke, penyebab kematian nomor satu di Indonesia,

Perhatian dan kepedulian pada kesehatan masyarakat, terlebih, merupakan komitmen OMRON Healthcare Indonesia, yang tak henti  memberikan layanan pemeriksaan tekanan darah dan irama jantung secara gratis pada lebih dari 200 orang pengunjung pada peringatan Hari Jantung Sedunia 2023. 

Pada rangkaian kegiatan World Heart Day 2023 bertema “Use Heart, Know Heart” ini, OMRON menunjukkan komitmennya mewujudkan visi ‘Going for Zero’ untuk serangan jantung dan stroke dengan berbagai kegiatan, salah satunya pemeriksaan tekanan darah dan irama jantung secara cuma-cuma.

“Selama 10 tahun ini OMRON selalu aktif berpartisipasi dalam kegiatan YJI. Kami meyakini bahwa peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dapat dilakukan dengan meningkatkan kepedulian terhadap hipertensi dan risiko penyakit kardiovaskular,” kata Tomoaki Watanabe, Direktur OMRON Healthcare Indonesia di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno (GBK) bebebrapa waktu lalu.

Tomoaki Watanabe menambahkan, deteksi dini pada peningkatan tekanan darah dan deteksi atrial fibrilasi atau irama denyut jantung yang tidak teratur adalah kunci untuk mencegah dan mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. 

“Itu sebabnya OMRON Healthcare menyediakan pemeriksaan tekanan darah dan irama jantung secara gratis di booth OMRON Healthcare selama Hari Jantung Sedunia pada 28 September 2023. Sesuai dengan misi OMRON ‘Meningkatkan kehidupan dan berkontribusi untuk masyarakat yang lebih baik’, kami berharap dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Indonesia,” ujarnya.

Penyakit jantung yang banyak disoroti Dokter adalah kelainan irama jantung atau fibrilasi atrial. Pasalnya, kondisi denyut jantung yang tidak teratur ini berpotensi memicu stroke, penyebab kematian nomor satu di Indonesia, demikian  menurut Riskesdas 2018. Dominasinya menggeser posisi penyakit jantung yang selama ini ditakutkan karena bisa berakibat pada kematian mendadak. Angka kejadian (prevalensi) penyakit ini bahkan terus meningkat dari tahun ke tahun. 

Untuk mendapatkan hasil pengukuran yang instan dan akurat, OMRON menyediakan tensimeter cerdas 2-in-1 yang sudah tervalidasi secara klinis yakni OMRON Complete (HEM-7530T-E3). Tensimeter ini dapat melakukan dua pengukuran penting sekaligus dengan mudah. Menyaring dengan cepat berbagai kondisi jantung sekaligus termasuk ketidakteraturan irama jantung, seperti Afib, takikardia, bradikardia, serta hipertensi.

Pemantauan tekanan darah secara teratur adalah cara yang sangat penting untuk mendeteksi serangan jantung dan stroke.

Dengan aplikasi OMRON Connect, sangat mudah menjaga kesehatan Anda. Caranya pun mudah: sambungkan perangkat BPM Anda ke smartphone atau tablet, dan aplikasi OMRON Connect akan mengawasi pembacaan dan pengukuran harian Anda, memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kesehatan Anda secara keseluruhan.

Hari Jantung Sedunia diperingati setiap tanggal 29 September diprakarsai oleh World Heart Federation bekerja sama dengan World Health Organization, dengan tujuan meningkatkan kepedulian terhadap penyakit kardiovaskular dan mengendalikan efek negatif yang ditimbulkan akibat penyakit tersebut. Dengan lebih dari 90 Negara ikut berpartisipasi dalam perayaan ini setiap tahunnya, Hari Jantung Sedunia terbukti sebagai alat edukasi yang efektif untuk menyebarkan informasi mengenai penyakit kardiovaskular.

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok. PR Bening