Menyambut Hari Cuci Tangan SeDunia yang dicanangkan PBB setiap 15 Oktober, Lifebuoy menggelar acara seru untuk menyebarluaskan edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di 5 Momen Penting, yaitu: sebelum makan, setelah bermain, setelah batuk atau bersin, setelah dari toilet, dan setelah bepergian, dengan cara yang kreatif dan menyenangkan bagi anak, yaitu bermain. 

Acara yang digelar Lifebuoy, turut  didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sejumlah komunitas Ibu ini semakin meriah. Bagaimana tidak, melalui sebuah playground berupa kastil interaktif,   anak kanak diajak  bermain sambil berpetualang melawan kuman melalui beberapa tantangan seru. Lifebuoy juga memperkenalkan empat board game yang membantu anak mengatasi kejenuhan melakukan CTPS dengan membuat edukasi mencuci tangan pakai sabun lebih mengasyikkan dan menjadi bagian dari permainan sehari-hari. 

Nantinya, board game ini akan didistribusikan secara gratis ke lebih dari 1.000 Sekolah Dasar yang terlibat di dalam Program Sekolah Sehat Unilever Indonesia untuk mendorong perubahan perilaku CTPS di 5 Momen Penting di sekolah. 

Selain permainan yang dilakukan secara langsung, Lifebuoy juga melihat bahwa saat ini tren bermain telah mengarah ke ranah digital. Kini 89,3% anak Indonesia menggunakan ponsel atau gadget, dan 75,34% menggunakannya untuk hiburan, termasuk bermain game online. Menanggapi tren tersebut, Lifebuoy turut menghadirkan tokoh Non-Player Character (NPC) LIFEBUOY di salah satu game online yang paling digemari anak Indonesia, yaitu Roblox. Di dalam game ini, NPC Lifebuoy siap berinteraksi dengan para pemain untuk mengingatkan mereka melakukan CTPS di 5 Momen Penting.

“Semoga melalui rangkaian aktivitas dan permainan seru dari Lifebuoy dapat mendorong anak-anak menjadi agen perubahan untuk menerapkan CTPS di 5 Momen Penting. Kedepannya, Lifebuoy akan terus menggencarkan kampanye SIAGA melalui berbagai program dan fasilitas yang akan membantu keluarga Indonesia terhindar dari berbagai resiko penyakit karena menjaga iyu  lebih baik daripada mengobati,” ujar Erfan Hidayat, Head of Skin Cleansing Unilever Indonesia di acara yang dipandu Neea Elvira, menghadirkan pembicara : Prof. Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari, Sp.A (K), M. TropPaed., seorang pakar penyakit infeksi dan tropis anak, Irma Gustiani Andriani, S.Psi, M.Psi, Psikolog anak dan keluarga, serta  pasangan selebriti Nagita Slavina dan  Raffi Ahmad.

Irma Gustiani Andriani, S.Psi, M.Psi, Psikolog anak dan keluarga berpendapat, “Bermain dapat menunjang perkembangan optimal anak, baik secara fisik mau pun sosial emosi. Dengan bermain, anak akan mendapatkan banyak cara dan kesempatan untuk belajar, dan membantu mengembangkan daya pikir kritis, manajemen waktu, kolaborasi, serta pemahaman akan konsekuensi dan risiko, sehingga sangat tepat dijadikan sebagai sarana untuk menanamkan kebiasaan baik sejak dini.”

Lanjutnyan,”Adalah paling mudah mengajak  belajar pada anak adalah melalui bermain. Larena main adalah Dunia anak. Namun perlu diingat, para orang tua harus tetap mengawasi, baik dari segi keamanan dan keselamatan anak saat melakukan aktivitas permainan; konten permainan  jika terkait dengan gadget, mau pun waktu yang dihabiskan untuk bermain.”

Nagita Slavina, Celebrity Mom yang turut hadir bersama Raffi Ahmad dan buah hatinya, Rayyanza, berbagi cerita, “Dengan berbagai tantangan yang dihadapi orang tua, khususnya saya  sebagai ibu, pasti butuh banget support system dalam menjaga kesehatan keluarga. Senang sekali ada Lifebuoy yang selalu punya cara yang bisa menginspirasi saya  untuk menanamkan kebiasaan CTPS pada Rafathar dan Rayyanza dengan cara seru. Selain jadi quality time dengan suami dan anak-anak, permainan-permainan yang dihadirkan Lifebuoy juga punya manfaat positif dan mereka jadi lebih excited untuk cuci tangan tanpa merasa sedang digurui !”

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok PR Alchemy